Friday, January 13, 2012

Trimester Kehamilan

     Bila kita membicarakan tentang ibu hamil maka kita juga akan membicarakan anak yang ada di dalam rahimnya,karna keduanya adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Seorang ibu akan sangat berbinar jika menceritakan tentang kehamilannya.terlebih bila si cabang Bayi sudah lama dinanti. Pada kehamilan Trimester pertama,kebanyakkan para ibu muda  tidak tau cara mengatasi perubahan - perubahan yang terjadi. Untuk itu kami memberikan tips agar si Ibu bisa mendapatkan informasi , semoga dapat berguna bagi Ibu hamil :

  • Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana caranya menjalani kehamilan yang sehat baik melalui buku, media kabar, televisi, internet, dll.
  • Mulailah dan segera membiasakan diri mengenakan baju-baju yang longgar, meskipun perut belum kelihatan membesar.karena ini akan memberikan keleluasaan untuk bergerak.
  • Pada trimester pertama, ibu hamil sering mengalami Mual bahkan sampai muntah, yang salah satunya dapat menyebabkan dehidrasi, oleh karena itu perbanyaklah minum air putih atau jus buah di luar jadwal makan.
  • Makanlah jenis makanan yang mudah dicerna seperti nasi, jagung, kentang, ubi, dll
  • Hindarkan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi atau berminyak seperti hidangan bersantan, gorengan atau daging berlemak.
  • Hindari aneka macam bau-bauan yang menyengat atau tidak disukai, hal ini untuk menghindarkan ibu hamil dari rasa mual dan muntah.
  • Biasakan menyikat gigi setelah ibu hamil  makan atau setelah mengalami muntah.
  • Untuk menghindarkan rasa mual dan pusing lainnya, usahakan secara perlahan-lahan ketika hendak bangun dari tidur atau berbaring, jangan dilakukan secara sekaligus dan spontan.Ada baiknya duduk terlebih dahulu untuk beberapa saat.
  • Sebaiknya ibu hamil makan dalam porsi kecil namun sering, hal ini juga untuk menghindarkan ibu hamil mengalami mual dan muntah
  • Sediakanlah selalu minuman dan makanan kecil yang mengandung kadar garam rendah di dekat kamar tidur, hal ini dilakukan agar stelah makan makanan tersebut, ibu hamil terhindar dari rasa mual dan muntah pada saat akan beraktivitas. Makanan kecil yang dapat disajikan antara lain seperti biskuit, roti gandum, atau buah-buahan. Sebaiknya pilihlah camilan yang mengandung asam Folat.
  • Bergabunglah atau carilah teman yang juga sedang mengalami kehamilan,agar dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman.
  • Makanlah cemilan di pagi hari sebelum bangkit dari tempat tidur.Ini berguna untuk menghindari Mual di pagi hari.
  • Minumlah susu hangat bila ibu hamil mengalami insomnia atau kesulitan tidur.Untuk mengatasi rasa mual pilihlah susu yang mengandung rasa jahe
  • Jika ibu hamil merasa ada gangguan pada kandungan,segera konsultasikan ke dokter kandungan.     
     *    PERUBAHAN YANG SERING TERJADI PADA IBU HAMIL 

           # PEMBESARAN PAYUDARA 
                   Pembesaran Payudara ini karena pada awal pembuahan terjadi peningkatan hormone kehamilan                    yang menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan memberi nutrisi pada jaringan payudara. 

              # SERING BUANG AIR KECIL
                   Ini terjadi karena adanya pertumbuhan rahim yang menekan kandung kencing anda  
                   dan juga dsebabkan perubahan hormonal saat kehamilan. 

               # MORNING SICKNESS (MUAL MUNTAH)
                    Karena adanya pertumbuhan rahim yang menekan kandung kencing anda dan perubahan hormonal. Ingat jangan mengurangi minum anda, biasanya keluhan mual-muntah akan menghilang pada akhir trimester pertama.

                # SULIT BUANG AIR BESAR 
                  Hal ini karena peningkatan hormone progesterone yang menyebabkan relaksasi otot sehingga usus kurang efisien, juga Tablet Zat Besi (iron) yang diberikan oleh dokter biasanya memyebabkan masalah konstipasi ini selain itu zat besi tablet akan menyebabkan warna feses anda kehitaman, jangan kuatir,
          Atasilah dengan banyak minum air, makanan yang berserat tinggi (sayuran dan buahan) serta olahraga. 

                 # CEPAT LELAH  
                      Ini juga  dikarenakan peningkatan hormonal yang dapat mempengaruhi pola tidur anda. Carilah waktu untuk beristirahat sesering mungkin. 

                   # SAKIT KEPALA / PUSING 

                     Anda mungkin akan merasa sakit kepala yang lebih sering daripada biasa, hal ini terjadi karena rasa mual, kelelahan, lapar, tekanan darah rendah, dan dapat juga karena perasaan tegang atau bahkan depresi. Atasilah dengan beristirahat, dan makanan dengan makan sedikit tapi sering biasanya dapat menolong,bahkan dapat membuat relaks. Bila sakit kepala semakin terasa berat secepatnya hubungi dokter anda.  

                   # KRAM PADA PERUT 

                      Pada trimester awal ini, anda mungkin mengalami kram perut atau kram seperti menstruasi atau rasa sakit seperti ditusuk yang timbul sebentar dan tidak menetap. Hal ini sering terjadi karena adanya pertumbuhan dan pembesaran dari rahim, dimana otot dan ligament merenggang untuk menyokong rahim. Yang harus diingat apabila kram perut yang timbul disertai perdarahan vagina, hubungi dokter anda segera, karena kedua tanda ini dapat menyebabkan keguguran.
                  # EMOSIONAL 

                     Pada trimester awal kehamilan emosional menjadi tak stabil, hal ini karena adanya perubahan hormon dan juga rasa tanggung jawab baru sebagai seorang calon ibu.Namun pada akhirnya tubuh akan  dapat beradaptasi terhadap perubahan hormonal ini sehingga membuat hidup lebih indah buat anda.  

                 # PENINGKATAN BERAT BADAN 

                    Pada akhir trimester pertama ini mungkin sangat banyak pakaian anda yang tidak akan muat di tubuh. Hal ini bukan berarti adanya peningkatan berat badan yang banyak tapi karena rahim anda berkembang dan memerlukan ruang dan ini semua karena pengaruh dari hormone estrogen yang menyebabkan pembesaran rahim dan hormone progesterone yang menyebabkan tubuh menahan air.Sebaiknya pergunakan pakaian  yang longgar agar anda merasa nyaman. Bila pada trimester awal (0-12 mggu) sebagian Ibu hamil akan mengalami NGIDAM,dengan disertai rasa pusing dan mual,hingga menghilangkan selera makan para Ibu.
                   Maka pada trimester kedua (13-24 mggu)  Ibu hamil akan merasakan perubahan pada perut Ibu,yang terasa semakin membesar dan jangan binggung bila saat ini anda akan lebih sering buang angin (kentut).ini terjadi karena  adanya perenggangan pada usus. pada trimester ini jg biasanya para calon Ibu akan mengalami kram pada  bagian bawah perut, penyebabnya karena peregangan otot yang menopang / menahan janin yang  tumbuh dan kian membesar.Ibu juga akan mengalami pembesaran payudara dan di sertai dengan keluarnya cairan kekuningan dari puting ( BIASA DI SEBUT COLOSTRUM). 
                    Sedangkan pada trimester ketiga (24-40 mggu) perut Ibu akan bertambah besar karena pada trimester ini bayi sudah berkembang sempurna,calon bayi pun sudah dapat  menunjukkan aktvitas motoriknya dengan melakukan tonjokkan atau tendangan.
                    Bila kandungan Ibu sudah mencapai 9 bulan, maka persiapkan diri untuk menghadapi KELAHIRAN, pada fase ini biasanya seorang Ibu akan mengalami ketakutan karena terfikir akan rasa sakit,Tapi hendaknya Ibu menenangkan diri dengan berfikir"seseorang tidak akan mempunyai anak yang banyak bahkan terkadang sampai 9 bila rasa sakit itu tidak tertahankan"Maka berfikirlah bahwa sakit yang di rasakan saat kelahiran adalah KODRAT kita sebagai perempuan. dan ALLAH pasti  memberi kita kekuatan.

            Mudah - mudahan artikel ini berguna dan menyejukkan hati para Ibu yang akan menyambut kelahiran si cabang bayi.







            No comments: