Saturday, March 24, 2012

Buang Air Kecil dan Besar Pada Bayi

Pada setiap bayi, pola buang air kecil maupun besar bervariasi. Hal ini dipengaruhi pada pola makan bayi tersebut. Hingga berumur 3 bulan biasanya bayi akan buang air kecil setiap satu jam. dan hingga usia 12 bulan bayi akan buang air kecil setiap 2 sampai 3 jam sekali. hal-hal yang perlu anda waspadai apabila mengalami hal-hal dibawah ini yaitu :
* Dalam 24 jam, bayi anda buang air kecil tidak sampai 3 kali.
* Warna urin berubah jadi pucat.
* Terdapat darah pada urine.
* Bayi terlihat kesakitan sewaktu mau buang air   kecil.


Pola buang air besar pada bayi juga bervariasi. ada yang BAB 4 - 10 kali setiap harinya dan ada juga BAB 1 kali setiap 3 - 4 hari. Ketika usia Bayi mencapai 1 bulan, maka frekeuensi BAB-nya biasanya kurang dari 4 kali setiap harinya, bahkan bisa hanya 1 kali dalam seminggu. Semua ini masih tergolong normal.

Mengenai warna dan konsistensi feses/tinja bayi, keduanya dipengaruhi oleh cara makan dan bahan makanan yang dikonsumsinya. Jika bayi Anda dalam masa ASI Eksklusif, biasanya konsistensinya lembek, berair, berwarna kuning tua dan berbiji-biji. Jika ia meminum susu formula, biasanya fesesnya lebih padat dan berwarna kecoklatan.

Terkadang bayi terlihat mengejan hingga wajahnya memerah ketika BAB, bahkan ada yang sampai menangis. Reaksi seperti ini tergolong normal.l Yang penting, perhatikan konsistensi fesesnya – bila tidak keras, berarti ia tidak sembelit. Sebaliknya, bila fesesnya keras, kering dan sulit dikeluarkan, maka itu pertanda konstipasi/sembelit, walaupun frekuensi BAB-nya bisa saja beberapa kali dalam sehari

No comments: